FENOMENA POLITIK

Dunia politik adalah tempat paling komplit. Semua lapisan sosial seakan berabaur menjadi satu. semua karakter berkumpul dalam lingkaran...


Dunia politik adalah tempat paling komplit. Semua lapisan sosial seakan berabaur menjadi satu. semua karakter berkumpul dalam lingkaran ini, mulai dari karakter paling lembut sampai karakter pembunuh juga  melebur dengan samar dalam dunia ini.

Dewasa ini sudah sangat sering kita jumpai seorang kiyai, ulama ataupun tokoh masyarakat ikut andil dalam kontes dunia politik. mencalonkan diri sebagai kepala daerah. mulai dari calon legislatif, bupati bahkan sampai gubernur sekalipun. dan wajar hal ini sering menjadi dilema bagi para santri ataupun masyarakat, ketika dihadapkan dengan pemilu dan sebagian besar calonnya adalah kiyai dan gurunya.

Tidak ada yang salah ketika seorang kiyai atau ulama ikut andil dalam dunia politik, karena sudah bisa dipastikan dari kehidupan seorang kiyai yang mencerminkan kebaikan. Meski sebagian  masyarakat tidak begitu menerima dengan keikutsertaan seorang kiyai dan ulama dalam dunia politik.

Padahal sah-sah saja, karena jika ditinjau dalam dunia islam sejak zaman Nabi perpolitikan memang sudah diterapkan, untuk  mengatur strategi penyebaran agama maupun siasat peperangan. Jadi seorang kiyai ataupun ulama terjun ke dunia politik itu baik, selama niat dalam berpolitik tetap untuk kebaikan agama, bangsa dan negara.

Terkadang yang mencoreng nilai baik seorang kiyai atau ulama bukanlah keikutsertaannya. Melainkan perseteruan atara para pendukung kiyai satu dengan yang lainya. Semisal ada seorang  kiyai atau ulama mencalonkan sebagai kepala daerah, merupakan suatu hal yang baik bahkan  terbilang sangat baik. Karena pemangku agama juga bisa ikut andil dalam hal pemerintahan dan pembangunan daerah. Tidak terbatas hanya sebagai pendakwah agama.

Namun yang sering merusak nilai baik itu adalah para santri ataupun masyarakat pendukung dikalangan pedesaan. terkadang karna begitu fanatik, sehingga menganggap semua yang bukan dari golongannya adalah musuh. hingga tidak sedikit hal - hal yang tidak diinginkan terjadi. saling hujat, saling membenci, dan yang paling mengerikan dikalangan  pulau madura adalah Carok.

Berbicara keikutsertaan seorang kyai dalam dunia Politik, akan muncul berbagai golongan atau aliran pemikiran masyarakat, santri terhadap Politik atau Pemilihan Umum (pemilu). Yang Pertama adalah orang-orang yang memiliki pemahan bahwa Politik atau Pemilu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari agama Islam, karna kehidupan harus diisi dengan agama, dan agama tidak bisa direalisasikan kecuali dalam kehidupan. Dan hal ini juga merupakan ikrar seorang muslim yang selalu diucapkan ketika sholat " sesungguhnya sholatku, ibadahaku, hidup dan matiku adalah untuk alloh dan karna alloh swt. " kalimat untuk Allah dan karena allah bisa diartikan bahwa semua aktivitas seorang muslim sama saja yang bersifat keagamaan maupun keduniaan seperti pemilu. sudah tentu diniatkan sebagai Ibadah  kepada Allah SWT. sedangkan ibadah merupakan bagian inti dari agama.

Selanjutnya, sebagian orang berpandangan bahwa kegiatan pemilu adalah kegiatan kebangsan yang tidak terkait dengan agama. Pemilu yang diadakan oleh negara atau bangsa-bangsa di berbagi negara merupakan usaha untuk memperbaiki kedaan negara ataupun masyarakatnya agar lebih maju dan sejahtera, dan agama sudah jelas ada wilayahnya tersendiri tanpa dicampur adukan dangan dunia politik.

Sepeti itulah yang berkembang dikalang masyarakat tentang agama dan politik. Pada dasarnya yang memandang setiap perbuatan baik akan tetap menjadi hal baik. Begitupun seorang kiyai yang ikut serta dalam dunia politik,  tetaplah hal baik jika memang didukung oleh orang-orang yang baik pula. Karena akan lebih mudah mengubah keadaan lapisan masyarakat melalui dakwah politiknya. Dan semoga keikutsertaan kiyai dan ulama merupakan langkah baik untuk menebar kebaikan. Amiin. (Men hoo)




COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: FENOMENA POLITIK
FENOMENA POLITIK
https://4.bp.blogspot.com/-qPqUVpCFqa4/Wo_hTYeQvJI/AAAAAAAAAT0/NAlu5rbrsC0Zag9iaECBN_JFq7uPValxQCLcBGAs/s640/politik_identitas.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qPqUVpCFqa4/Wo_hTYeQvJI/AAAAAAAAAT0/NAlu5rbrsC0Zag9iaECBN_JFq7uPValxQCLcBGAs/s72-c/politik_identitas.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2018/02/fenomena-politik.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2018/02/fenomena-politik.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy