Mengenal Identitas Bangsa Indonesia, Sebagai Pedoman Generasi Milenial Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman Millenial*

Runtuhnya rezim Soeharto, yang lebih dikenal dengan sebutan orba(orde baru) menjadi tampuk harapan bagi bangsa Indonesia Untuk bebas ...



Runtuhnya rezim Soeharto, yang lebih dikenal dengan sebutan orba(orde baru) menjadi tampuk harapan bagi bangsa Indonesia Untuk bebas dari kungkungan sistem militerisme atau diktator. Yang kemudian lahir era Reformasi yang menyongsong kebebasan demokrasi, mengembalikan nilai-nilai luhur berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini, beriringan pula dengan masa globalisasi dimana bangsa Indonesia saat itu diperhadapkan dengan tantangan penyesuaian diri terhadap perkembangan zaman yakni zaman modern tanpa menghilangkan identitas berbangsa yang berdasarkan pancasila.

Generasi 90-an yang di kenal dengan generasi Millenial menjadi Generasi harapan yang disebut sebagai generasi emas yang dapat memulihkan kondisi bangsa di abad ke 20 ini. Karena mereka lahir di masa transisi kebebasan demokrasi.

Namun dalam hal ini, fakta sosial  tak lagi memberikan jawaban kepada harapan-harapan yang ada pada masa itu. Justru dipenghujung abad 20 ini, keadaan semakin memburuk. Banyak para generasi bangsa tak lagi menggambarkan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang berlandaskan pancasila sebagai dasar, ideologi dan cita-cita dalam berbangsa.

Banyak fakta-fakta sosial yang tak lagi menggambarkan hal tersebut. Seakan melupakan sejarah-sejarah yang dibangun oleh para bapak banga. Contoh kecil yang dapat menggambarkan kondisi saat ini, Semisal: merosotnya disiplin nasional, seperti yang terjadi di salah satu kota di Madura. Di sampang tepatnya di SMA Negri 1 Torjun dimana seorang murid menganiaya Gurunya, dan lain sebaginya. Hal ini jelas tak lagi menggambarkan sebagai kemanusiaan yang adil dan beradab.

Bukan hanya itu, banyak anak-anak muda yang mengaku "kids zaman now" tak lagi mengenal jati diri bangsanya. Jangankan untuk mengamalkan.! Terkadang mengahafal Pancasila saja banyak yang tidak hafal. Sehingga apa yang dimaksud "Nation caracter bulding" yang dicit-citakan bersama oleh para  pendiri bangsa sudah tak mengarah.

Tentu ini semua disebabkan kurangnya disiplin doktrin dan pengenalan sejarah yang menjadi tolok ukur semangat berbangsa. Dimana Bhinneka tunggal ika lahir dari observasi langsung saat bangsa ini belum berbentuk. Lahir dari pemikiran nyata pada saat Soekarno dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1938. Semangat toleransi antar umat beragama bahwa Indonesia ini bukan hanya diduduki islam saja. Dan bagaimana sila ke empat,  juga lahir atas aksi nyata dimana saat kota padang diserbu oleh kebringasan tentara Jepang pada tahun 1942 dimana para perempuan Padang menjadi korban pelampiasan nafsu bejat tentara Jepang. Yang kemudian bisa terselesaikan dan diselamatkan dengan cara musyawarah.
Begitu pula sila kedua, menggambarkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai sifat yang adil dan beradab. Yang selalu berakhlak mulia dan menghargai sesama manusia.

Tentu hal ini tidak lagi menjadi tolok ukur pembentukan karakter generasi bangsa. Sehingga kepekaan terhadap jati diri dan kehidupan sosial sebagai bangsa yang besar tak lagi terlihat. Justru para generasi terjerumus pada Dokrit-doktrin modernisme barat yang hanya mengikis kultur budaya dan kepribadian (pancasila) bangsa, yang sebenarnya budaya dan kepribadian bangsa kita juga mampu bersaing terhadap kehidupan barat, bahkan bisa lebih hebat.

"Come on Millennial Children. be the hero of the Nation in global competition in the millennial age."

Referensi: Ketika Bun di Ende(dokumenter).
Soekarno, cindy Adam.(1950). Gara-gara Indonesia, A. Pribadi,(2011).

           *Penulis: Aab Sahuri
Mahasiswa STITAL semester V PAI

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Mengenal Identitas Bangsa Indonesia, Sebagai Pedoman Generasi Milenial Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman Millenial*
Mengenal Identitas Bangsa Indonesia, Sebagai Pedoman Generasi Milenial Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman Millenial*
https://4.bp.blogspot.com/-rxSDD1peMYY/W55QUR33djI/AAAAAAAAAtY/vvkWiM1t_ooX1QixdQVZuXtIfZsNa0ohACLcBGAs/s640/IMG-20180916-WA0127.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-rxSDD1peMYY/W55QUR33djI/AAAAAAAAAtY/vvkWiM1t_ooX1QixdQVZuXtIfZsNa0ohACLcBGAs/s72-c/IMG-20180916-WA0127.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2018/09/mengenal-identitas-bangsa-indonesia.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2018/09/mengenal-identitas-bangsa-indonesia.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy