Belajar dari Nasionalisme Soekarno Islamisme KH Hasyim Asy'ari*

Abad ke 20 sudah memasuki penghujung, menuju abad ke 21. Sekitar 75 tahun yang lalu gerakan pembebasan di gaungkan yang di prakarsai ol...


Abad ke 20 sudah memasuki penghujung, menuju abad ke 21. Sekitar 75 tahun yang lalu gerakan pembebasan di gaungkan yang di prakarsai oleh tokoh-tokoh pejuang kebangsaan salah satunya Soekarno dari golongan Nasionalis dan KH Hasyim Asy'ari dari Golongan Islamis. Dengan semangat pembebasan dari kungkungan imperialisme kolonial Belanda hingga Jepang. Sehingga mencapai suatu Rumusan Revolusi Indonesia dan Resolusi Jihad. Yang pada akhirnya melahirkan sebuah kebebasan yang berlandaskan pada Pancasila.
Namun, belakang ini. Kebebasan yang dinikmati agak kebablasan, tidak lagi mendasar pada nilai-nilai landasan produk dari pergerakan perjuangan.

Lihat saja fakta-fakta sosial yang ada. Terkhusus pada generasi muda bangsa ini. Merosotnya disiplin nasional, maraknya tindakan amoral yang tidak lagi bercermin pada sejarah dan lunturnya rasa kemanusiaan. Contoh: anak muda cenderung tidak suka antri, maraknya pungli di setiap sektor dan korupsi seakan menjadi suatu yang biasa.

 Menyikapi beberapa hal tersebut, sebagai insan manusia yang esensi nya senantiasa bergerak. Tentu kita sepatutnya menoleh kebelakang me-reka ulang dan belajar terhadap pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh para tokoh-tokoh pahlawan yang memperjuangkan kebebasan untuk bangsa ini.

 Pertama, balajar dari Nasionalisme Soekarno atau yang lebih kita kenal dengan sapaan Bungkarno. Spirit Nasionalisme yang dibangun Bungkarno untuk mengajak masyarakat Indonesia melawan penjajahan yang sedang mencengkeram bumi Indonesia. Nasionalisme Bungkarno sendiri bukanlah nasionalisme fanatik seperti halnya yang dikembangkan di negara-negara fasis. Nasionalisme ala Bungkarno adalah nasionalisme yang memuat spirit kebangsaan dan cinta tanah air, tanpa dibarengi sikap merendahkan bangsa-bangsa lain. Bungkarno sendiri beranggapan, Nasionalisme fanatik yang cenderung merendahkan bangsa-bangsa lain merupakan bentuk nasionalisme yang begitu sempit.

 Kedua, Islamisme KH Hasyim Asy'ari.  Gerakan yang dilakukan oleh KH Hasyim Asy'ari bersama NU nya. Tentulah patut juga menjadi acuan bagi kita semua. Karena kebebasan yang kita rasakan saat ini, tak lepas dari peran Resolusi Jihad atau Jihad fisabilillah yang diprakarsai beliau bersama NU nya. Yang mampu membakar semangat perlawanan arek-arek Suroboyo yang di komandoi Bung Tomo dan seluruh elemen NU, khususnya laskar Hizbullah dan Sabilillah, pada tgl 10 November 1945, melawan tentara Inggris sekutu Belanda yang hendak merebut atau menduduki kekuasaan atas Bangsa Indonesia pada waktu itu. Hal ini, tak lepas dari konteks memperjuangkan agama yakni Islam dan kemanusiaan serta kebebasan. 

Oleh karena nya, sebagai penikmat kebebasan dimasa kini, yang dimana kebebasan tersebut didapatkan berdasarkan perjuangan, yang terdapat nilai-nilai pergerakan yang mengacu pada kemanusiaan dan keagamaan dengan semangat persatuan. Kita sebagai generasi penerus, wajib menjaga dan menghormati dalam meneruskan kehidupan mengisi kemerdekaan sesuai dengan nilai-nilai atau relnya(ibarat kereta) kehidupan, yakni Pancasila yang menjadi warisan kehidupan dari para pendahulu kita.


*Penulis : Abdulloh Sahuri

Referensi: Pemikiran Emas Tokoh-tokoh politik dunia, Faidi A. (IRCiSoD-Desember 2013).
KH Hasyim Asy'ari: Membangun, Membela, dan Menegakkan Indonesia. Dr. Miftahuddin. (Penerbit Marja-Cetakan I, April 2017).

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Belajar dari Nasionalisme Soekarno Islamisme KH Hasyim Asy'ari*
Belajar dari Nasionalisme Soekarno Islamisme KH Hasyim Asy'ari*
https://2.bp.blogspot.com/-R8wloqDzxcw/W7INCx1XbQI/AAAAAAAAAw4/nLop3SG0Ng8A1MnK8CyodrwBq86EsCAxwCLcBGAs/s640/IMG-20181001-WA0135.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-R8wloqDzxcw/W7INCx1XbQI/AAAAAAAAAw4/nLop3SG0Ng8A1MnK8CyodrwBq86EsCAxwCLcBGAs/s72-c/IMG-20181001-WA0135.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2018/10/belajar-dari-nasionalisme-soekarno.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2018/10/belajar-dari-nasionalisme-soekarno.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy