Konsep Kepemimpinan Ala Petani*

"Cong.! Berre' Cong deddih sepponah oreng jiah. Lok ghempang nak yeh.!"(Bpk Diman) Saat fajar datang, peralatan dia...



"Cong.! Berre' Cong deddih sepponah oreng jiah. Lok ghempang nak yeh.!"(Bpk Diman)

Saat fajar datang, peralatan diambil dan pergi ladang untuk bertani hingga siang hari, dan kembali lagi di sore hari, pulang lagi saat mau senja, setelah itu tidur di malam hari, istirahat karena capek kerja seharian. Begitulah kira-kira yang kita pahami terhadap kegiatan sehari-hari petani. Sehingga Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada banyak pemikiran orang tani yang sangat luar biasa dalam kehidupan baik bersosial dan lain sebagainya.

Sebagai anak seorang petani, saya mencoba merangkai dan merumuskan pemikiran-pemikiran para petani yang mayoritas lahir dari rasa atau legitimasi Moral tanpa acuan ilmu pengetahuan. Ya, saya memulai dari seorang petani yang bernama Diman yang sama sekali tidak mengenyam pendidikan secara formal, namun beliau mempunyai pemikiran yang sangat luar biasa, hingga berkat pemikiran-pemikanya dia dipercaya sebagai sesepuh "opinin leader" di lingkungannya.

Disini, saya membahas konsepsi kepemimpinan yang lahir dari pemikiran beliau yang juga diterima oleh masyarakat sekitarnya. Entah, mungkin ini juga akan diterima oleh element masyarakat luas seperti, kaum akademisi, aktivis dan lain sebagainya, ketika  mengetahui konsepsi ini.
Ada empat aspek yang dibahas oleh beliau. Tegas, Tekat, Korban, dan Jujur. Empat hal ini hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin menurut Bpk Diman.

Tegas.
Berdasarkan keilmuan atau kaedah bahasa Indonesia, tegas sendiri adalah terang, benar dan jelas. Dalam hal ini, ketegasan bagi seorang pemimpin menjadi hal wajib. Menegakkan kebenaran secara keterbukaan open government, artinya tidak mencla mencle teguh pendirian dalam menegakkan sebuah kebenaran dalam mengambil keputusan (Bijaksana). Dan Versi Bpk Diman "Deddih Reng seppo jiah kodhuh Tegas, jek Deddi pantokan e tenga sabe otabeh cellot. E eret kebere' mireng kebere', e eret ketemur mireng ketemur." Artinya, "Jadi pemimpin itu Harus Tegas, Jangan jadi patok di tengah sawah atau lumpur. Diseret ke barat miring kebarat-baratan, diseret ke timur miring ke timur." Intinya Bpk Diman disini menekankan agar jadi pemimpin itu, jangan sampai condong kesalah satu golongan dan harus mempunyai pendirian (Visioner) Harus Berdiri di tengah-tengah berdasarkan kebenaran dan kepentingan umum, bukan kepentingan pribadi atau kelompok.

Tekat.
Istilah tekat bermakna atah dikenal dengan sulaman,  sujian atau bordir yaitu hiasan. Namun, versi Bpk Diman disini tekat yang dimaksud adalah Nekat(Keras).  "Tekat, koduh e ka Andi' Mon deddih sepponah oreng. Jek ghempang e pangaru Ben ro'nuro' oreng luar. Apa se ka Andi' rakyattah tunju'akih Ben kembhangakih." Artinya, tekat, harus dimiliki kalo jadi pemimpin, jangan gampang terpengaruh dan meniru orang luar. Apa yang dipunyai rakyatnya tunjukkan dan kembangkan. Maksud dari Bpk Diman disini, lebih kepada penguatan identitas diri bangsa. Tunjukkan dan kembangkan apa yang menjadi identitas bangsa nya sendiri. Karena menurut Bpk Diman, bangsa lain akan mengenal kita sebagai bangsa yang beridentitas dan berciri khas, baik secara kepribadian, kebudayaan dll. dan itu salah tau tugas pemimpin.

Korban.
Korban berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian dan kesetiaan. Kalo kata Bpk Diman  "koduh siap akorban, nengneng paleng ade', Mon bdeh pa'apah neng e kebedeen rakyattah." Artinya, Harus siap berkorban, berada paling depan, kalo ada apa-apa dalam sikon rakyatnya. Maksud Bpk Diman, sebagai Harus siap berkorban dalam hal apapun untuk kepentingan rakyatnya. Bersikap berani mengambil sikap demi kepentingan rakyatnya.

Jujur.
Menjadi pemimpin kejujuran menjadi pondasi utama untuk melangsungkan eksistensi dan esensi kepemimpinannya. "Koncinah sittung.! Jujur, ade' pole. La ghentheng deddih Reng sepponah oreng." Artinya, Kuncinya satu.! Jujur, tidak ada lagi. Sudah pasti baik untuk menjadi pemimpin. Kata Bpk Diman, yang perlu ditanamkan dalam hati untuk menjadi landasan seorang pemimpin tidak lain hanyalah kejujuran.
Menurut Bpk petani yang bernama Diman ini. Antara Tegas, Tekat, Korban dan Jujur, ini tidak boleh lepas dari seorang pemimpin. Harus menjadi pegangan. Dan menjadi satu kesatuan yang utuh dalam menjalankan kepemimpinan di berbagai sistem.

Maksud dari penulis disini, tidak lepas dari kesadaran bahwa mereka(para petani) yang juga mempunyai pemikiran-pemikiran dalam kehidupan sosialnya, dibalik kesibukannya dalam menopang kebutuhan bangsa dan negara ini. Perlu kiranya, kita untuk memfasilitasi dan memberi akses yang kemudian menjadi bahasan publik yang bermanfaat.

*Penulis:Aab Sahuri.

Sumber:
Alm. Bpk Diman petani dan salah satu opinin leader desa Daleman.
Ust Jufriyanto Imam Masjid Baiturrahman desa Daleman.
Bpk Zeli, petani dan pengusaha Bakso desa Daleman.
Bpk Alim Kepala Dusun, di Desa Daleman.


COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Konsep Kepemimpinan Ala Petani*
Konsep Kepemimpinan Ala Petani*
https://3.bp.blogspot.com/-XIMLJRmw4UQ/W8GFRnFBYnI/AAAAAAAAAz4/OsHa4cFTif0t9fIIfFYA12IlMuHTY5xpgCLcBGAs/s640/IMG-20181013-WA0073.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XIMLJRmw4UQ/W8GFRnFBYnI/AAAAAAAAAz4/OsHa4cFTif0t9fIIfFYA12IlMuHTY5xpgCLcBGAs/s72-c/IMG-20181013-WA0073.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2018/10/konsep-kepemimpinan-ala-petani.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2018/10/konsep-kepemimpinan-ala-petani.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy