Mulodhen, Tanamkan Cinta Pada Baginda Nabi SAW

Madura adalah salah satu pulau yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi, kekentalan akan adat istiadat serta taat beragama. Ini merupa...


Madura adalah salah satu pulau yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi, kekentalan akan adat istiadat serta taat beragama. Ini merupakan sebagian kecil dari kekayaan Idonesia. banyak tradisi dan kebudayaan yang dapat kita jumpai di tengah masyarakat Madura. Beberapa tradisi yang dapat kita temui di pulau Madura khususnya daerah Bangkalan adalah Mulodhen.

Kata "Mulodhen" berasal dari kata "Mulod" dalam versi madura. Dan yang lebih dikenal dengan Maulid atau Bulan Maulid. Kata Maulid sendiri berasal dari bahasa Arab "Maulud" yang bermakan Lahir.
Bulan Maulid jatuh setelah bulan shafar yang merupakan bulan dimana sang pembeda dalam hidup, sang revormis kehidupan, sang uswah hasanah dilahirkan ke dunia yakni Nabi Besar Nabi Muhammad S.A.W. Begitulah, kenapa kemudian bulan ini termasuk bulan yang sangat istimewa dan dimuliakan.

Mulodhen adalah tradisi Masyarakat Madura. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk syukur dan luapan kegembiraan atas lahirnya sang bagindan Nabi. Jangankan kita selaku umat Nabi Muhammad S.A.W yang memang dianjurkan untuk menunjukkan bentuk kecintaan dan kegembiraannya atas kelahiran Sang Nabi Agung. Berdasarkan hadis yang sudah sering kita dengar Bahwa Abu Lahab seorang yang sangat menentang tentang penyebaran Islam pada masa Nabi serta merupakan paman Nabi, Beliau sangat gembira pada saat mendengar kabar lahirnya Keponakannya tersebut yang jatuh pada hari senin dalam bentuk diantaranya membebaskan beberapa budaknya untuk merdeka. Atas luapan kegembiraan tersebut Abu Lahab yang bisa dikatakan orang kafir, Ia dibebaskan dari siksa api Neraka oleh Alloh S.W.T setiap hari senin. 
Dari situlah kita sebagai umat Muhammad S.A.W Sangat dianjurkan untuk menunjukkan bentuk kegembiraannya atas kelahiran sang baginda Rasul.

Tradisi yang datang dalam satu tahun sekali ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Madura, disamping perayaan hari besar Islam lainnya.
Mulodhen bisa juga kita katakan bersholawat, bersedekah, dan bersenang-senang. mengapa bersenang-senang, karna ketika tanggal 12 yang merupakan tanggal lahir Nabi S.A.W sekaligus puncak Mulodhen. pada hari itu biasanya seluruh Masyarakat merayakan Mulodhen secara bergantian, dari satu rumah ke rumah yang lain dalam satu hari.

Dan hal ini memang merupakan tradisi untuk memupuk kecintaan terhadap sejarah pada generasi penerus. Jangan sampai tergantikan karna perkembangan zaman saat ini. mari pertahankan tardisi yang baik dan perbaiki yang kurang baik.


Terimakasih.
Abdul Mukmin
Alaskokon Selasa 20 Nov 2018.

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Mulodhen, Tanamkan Cinta Pada Baginda Nabi SAW
Mulodhen, Tanamkan Cinta Pada Baginda Nabi SAW
https://1.bp.blogspot.com/-t7_Cn2dxUnA/W_OWYKJrdAI/AAAAAAAAA60/L8kLRNzmnuIGreQa1OtZhb2gpWFMnUr2ACLcBGAs/s1600/IMG-20181120-WA0303.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t7_Cn2dxUnA/W_OWYKJrdAI/AAAAAAAAA60/L8kLRNzmnuIGreQa1OtZhb2gpWFMnUr2ACLcBGAs/s72-c/IMG-20181120-WA0303.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2018/11/mulodhen-tanamkan-cinta-pada-baginda.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2018/11/mulodhen-tanamkan-cinta-pada-baginda.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy