Wanita Idaman dan Pancasila

Somad, seorang pribadi pemuda cukup populer di kalangan para wanita remaja. Dengan sosok yang ganteng rupawan dan berbagai prestasi y...



Somad, seorang pribadi pemuda cukup populer di kalangan para wanita remaja. Dengan sosok yang ganteng rupawan dan berbagai prestasi yang dimiliki, mampu memikat puluhan wanita di tempat dia mengenyam pendidikan satrata satunya.

Rendahnya hati seorang Somad, tidak lantas memanfaatkan apa yang memang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan pribadi. 

"Bung, banyak yang menyukaimu.!"
"Wajar."(senyum).
"Kenapa tidak Bung manfaatkan.?!"
"Ilmu yang saya pelajari, tidak mengajarkan sedemikian.!"

Ilmu untuk Amal, kata seorang Tokoh proklamator. Bahwa, percumalah kita, ketika banyak bidang ilmu yang dipelajari, namun, tidak kita amalkan dalam sebuah kehidupan. Belajar agar kita mengetahui bagaimana hidup, bagaimana menjalani hidup, dan bagaimana kita memanfaatkan hidup. yang kemudian untuk kita implementasikan ke kehidupan sosial. Sederhananya, seperti Belajar menghitung.! agar kita bisa menjadi kasir yang baik.

Kenapa kemudian saya tidak memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.?
Sebagai manusia yang dibekali Hawa nafsu, hasrat terhadap hal itu pasti.! Manusiawi toh.?
Tapi, Dasar Hidup berbangsa saya tidak sedemikian.! Bukankah kita sudah di wasiati atau diwarisi lima pedoman dasar dalam hidup berbangsa.? Bahwa, kita dituntut berketuhanan, selaras dengan kita diciptakan kebumi untuk semata-mata menghamba. Menjadi Insan Ulul Albab kalo versi tafsirnya Syekh Jalaluddin assayuti "Seorang ulul albab adalah orang yang selalu memenuhi dan tidak mengingkari janjinya kepada Tuhan." Sebagai Nilai Tauhid. Itu yang pertama.
Dan, yang kedua, bahwa kita dituntut untuk berperikemanusiaan dengan menjadi manusia yang beradab dan adil. Berperilaku santun pada sesama manusia. kalo saya memahami sebagai nilai Hablumminannas.
Lantas, untuk apa kita memikirkan pribadi diri sendiri. Toh, sesungguhnya, dengan memikirkan orang lain sesungguhnya kita sama halnya memikirkan diri sendiri dan sesungguhnya kita sudah ada yang menjamin.

Dan kita juga diminta untuk selalu dalam persatuan. Agar kita hidup tenang, damai dan damai. Bukankah, dengan mementingkan kepentingan pribadi akan berpotensi menimbulkan kesenjangan atau perpecahan.?

Serta, kita kedunia yang perlu diingat, sebagai Khulafaur Rasyidin. Sebagai pemimpin dan mewakili. Maka, hikmat dan bijaklah dalam hal tersebut. Agar Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Kemudian, peduli sesama. Memperhatikan dinamika sosial. Memastikan setiap sosial, Madani.

Nah, sebenarnya hidup kan sederhana. Asal tidak mengedepankan Nafsu. Cukup Pahami dan amalkan lima dasar tadi. Sekalipun sulit.

"Terus.?"
"Saya mencintai Ibuku.!"
"Wanita idaman, selain ibu.?"
"Cukup ibu, dan calon ibu.!"(nyengir)

Selamat Hari IBU.

Aab Sahuri.

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Wanita Idaman dan Pancasila
Wanita Idaman dan Pancasila
https://3.bp.blogspot.com/-sZl8TsjQ1Ts/XCAg9ZnxyKI/AAAAAAAAA9k/vJ5ToXnZMhQUKfLl28P7dsFAVZ8LcBoqwCLcBGAs/s1600/IMG-20181224-WA0000.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-sZl8TsjQ1Ts/XCAg9ZnxyKI/AAAAAAAAA9k/vJ5ToXnZMhQUKfLl28P7dsFAVZ8LcBoqwCLcBGAs/s72-c/IMG-20181224-WA0000.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2018/12/wanita-idaman-dan-pancasila.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2018/12/wanita-idaman-dan-pancasila.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy