Merajut kesuksesan, Jangan menghamba pada IPK.

Mengawali tulisan ini, mari sejenak kita renungkan wahai mahasiswa yang masih menghamba pada nilai dan print out IPK. Apakah aktivitas ...


Mengawali tulisan ini, mari sejenak kita renungkan wahai mahasiswa yang masih menghamba pada nilai dan print out IPK. Apakah aktivitas kita dalam kelas sudah benar ? Apakah semua sudah bisa kita katakan sebagai tempat yang cukup untuk membentuk manusia dewasa seutuhnya ? Dengan kualitas berfikir dan daya juang yang tangguh ? Dengan jaminan meraih kesuksesan ? Belum tentu.

Kampus telah bergeser fungsi menjadi tempat formalistik belajar, bukan tempat mempelajari kehidupan. Kampus menjadi tempat bagi antar mahasiswa yang mau mengikuti kompetisi nilai, bukan untuk berkompetisi dengan dirinya sendiri.

Dunia kampus sampai detik ini, hanya menyusun kurikulum bagaimana pendidikan tersaji secara rapi dan tersampaikan efektif. Tidak menjamin pencapaian dan pemahaman mahasiswa. Semua tetap ada pada mahasiswa itu sendiri ; bagaimana dia mampu membaca karakter dan kemampuan dirinya. Karena lulus dengan nilai baguspun tidak menjamin masa depan yang cerah.

Kita telisik lebih jauh, mereka para fresh graduate ketika beranjak untuk menerjemahkan seluruh nilai kuliah yang dicapai dengan berjuang untuk sukses. Para lulusan yang akan berkarir di dunia pendidikan (Guru) misalnya, tidak sedikit dari mereka hanya tertolong oleh faktor kerabat dan kenalan, bukan karena prestasi atau kualitas diri.
Selain itu, ada sebagian fresh graduate yang lain memiliki impian untuk berkarir di kantor-kantor, perusahaan-perusahaan, atau bahkan melamar kerja sebagai pramuniaga toko. Dan, seandainya semua fresh graduate memiliki keinginan yang sama; maka apa yang kira-kira akan terjadi ?

Akan banyak terjadi ketimpangan, nilai tukar tenaga terdidik menjadi rendah. Butuh dilahirkan sekian puluh ribu perusahaan baru setiap tahun untuk menampung pertumbuhan lulusan kampus sebanyak tiga ratus ribu per tahun dan terus-menerus membengkak. Sangat tidak mungkin. Alhasil, banyak dari lulusan yang telah lulus sama lamanya dengan kuliahnya pun masih memiliki profesi sama: pencari kerja. Setiap tahun jumlah itu bertambah, dan membuat persaingan semakin keras. Agak miris.

Maka bergeraklah untuk mencari jati diri, janganlah merasa cukup dengan duduk di kelas untuk membentuk soft skill yang anda miliki. 
Kita mesti mulai menjelajahi pembelajaran tanpa kurikulum untuk mendapatkan pengetahuan; bagaimana memimpin diri sendiri, bagaimana mengedepankan sikap mental yang sesuai dengan lingkungan tertentu, bagaimana memahami fakta atau penafsiran, bagaimana memilih sikap dan pergaulan.

Banyak yang perlu kita perhatikan dalam proses belajar dan pembelajaran, banyak yang perlu kita tingkatkan dalam berproses menuju manusia dewasa dan tangguh yang berdaya saing tinggi, banyak yang perlu kita krucutkan dalam menyusun langkah menuju kesuksesan yang menjadi tujuan, dan banyak yang perlu kita tingkatkan. Terlebih kesadaran, bahwa kesuksesan tidak hanya terpaku pada nilai kuliah yang tinggi tetapi kemampuan berjelajah dalam membentuk kemampuan diri.

Meen_ho

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,168,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Merajut kesuksesan, Jangan menghamba pada IPK.
Merajut kesuksesan, Jangan menghamba pada IPK.
https://1.bp.blogspot.com/-kOvD3j6jmGQ/XZ2Zn3KpQFI/AAAAAAAABfo/LHIBrnnL0n0netpw01pR1TaSRWAq-xQtgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20191009-WA0034.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kOvD3j6jmGQ/XZ2Zn3KpQFI/AAAAAAAABfo/LHIBrnnL0n0netpw01pR1TaSRWAq-xQtgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20191009-WA0034.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2019/10/merajut-kesuksesan-jangan-menghamba.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2019/10/merajut-kesuksesan-jangan-menghamba.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy