Kritis dan Agresif Mahasiswa Mundur Alon-alon

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi baik dari Universitas, Institut atau Akademik. Pengertian mahasiswa tidak bi...


Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi baik dari Universitas, Institut atau Akademik. Pengertian mahasiswa tidak bisa di jabarkan dengan kata-perkata karena memiliki makna yang mendalam serta pengertian yang luas. Tidak semua orang berkesempatan untuk menjadi mahasiswa karena terkendala dengan mahalnya biaya pendidikan.


Menjadi seorang mahasiswa Akademis ataupun Aktivis tidak semudah apa yang kita bayangkan, banyak tanggung jawab, peran dan fungsi sebagai mahasiswa diataranya sebagai Agent Of Change, Sosial Control dan sebagainya. Namun melihat situasi yang sekarang ini gerakan mahasiswa tidak segarang dulu ketika masa orde baru saat Soeharto menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.


Tahun 1998 dimana mahasiswa mencapai masa keemasannya. Banyak mahasiswa yang gugur  pada tanggal 24 September 1998 yang menewaskan 11 Mahasiswa di seluruh Indonesia dan menyebabkan 217 luka-luka saat berdemonstrasi dan menghadapi aparat keamanan. Kejadian itu dikenal dengan tragedi Semanggi. Mahasiswa tahun 1998 benar-benar mengatasnamakan rakyat dan pembela rakyat. Namun sekarang kita jarang menemukan jiwa-jiwa seperti mahasiswa era tahun 1998 itu.


Penulis tahu bahwa memang mahasiswa berada di tengah-tengah sebagai mitra pemerintah dan sebagai penyambung lidah rakyat. Namun hal itu, mahasiswa sekarang lebih condong bermitra dengan pemerintah dan bekerjasama dengannya. Mahasiswa yang dulunya sangat mengkritisi pemerintah, sekarang kian sedikit kita jumpai, sebab mesranya mahasiswa dengan pemerintah.


Namun kekritisan mahasiswa sekarang mundur alon-alon dan sedikit sekali mengkritisi pemerintah lantaran sibuknya dengan perkuliahan. Padahal, mahasiswa merupakan kaum kritis dalam sebuah sistem sosial, peranan untuk melakukan pembaharuan tidak bisa diragukan lagi, sejak masa penjajahan hingga reformasi. Solidiritas mahasiswa yang terhimpun dalam berbagai organisasi menjadi gerakan pembaharu berhaluan intelektual yang sulit diredam sekalipun oleh penguasa.


Namun ketika ada mahasiswa yang aktiv (aktivis) yang sangat mengkritisi pemerintah serta akan menjadi bumerang dan mengancam akan kekuasaannya, tidak  jarang mahasiswa itu direkrut dan menjadi staf aparat dan masuk dalam struktur kepemerintahan dan menjadi bagiannya di Partai Politik (Parpol). Hal itu supaya semua sejalan dengan apa yang direncanakan oleh pemerintah itu sendiri. 


Banyak sekali kejadian mahasiswa dengan lebel apapun (aktivis atau akademis) yang dulunya sangat mengkritisi pemerintah habis-habisan dan menilai pemerintah kurang becus. Mahasiswa sekarang lebih dekat  dan merapatkan dirinya kepada orang-orang birokrasi.


Sayangnya, para mahasiswa (aktivis) 1998 masih belum menyalurkan paradigma yang relevan dan mmemupuk jiwa Nasionalisme yang sesungguhnya pada mahasiswa sekarang. Sehingga praktik pembelaan hak buruh hanya dipandang sebagai utopia  ditengah kehidupan sehari-hari, adanya korporatisme dari kampus menandai era mahasiswa sebagai penonton dan pemirsa demokrasi.


Tidak hanya mahasiswa yang kekritisannya kian mundur alon-alon. Pers mahasiswa pun demikian, pada masa Soeharto berkuasa pemerintah mengontrol penuh terhadap pers, karena Soeharto dikenal sebagai pengendali pers. Saat semua media Nasional tidak berani memberitakan kebenaran, hanya pers Mahasiswa yang berani memberitakan kebenaran dan mengkritisi rezim Soeharto. Namun sekarang semua sifat idealis dan kritis yang dimiliki mahasiswa kian terkikis dan tidak segarang dulu.


Penulis berharap mahasiswa tetap mengambil contoh jiwa-jiwa yang telah dilakukan oleh pendahulu kita dan tidak melupakan sejarah perjuangan mahasiswa yang terdahulu serta mampu menjaga nalar kritisnya sebagai Mahasiswa. Namun tidak relevan  juga jika hanya mengkritisi tanpa berkontribusi dan memberikan solusi.


Akhir kata dari semboyan penulis.
"Pers menolak lupa, menulis dan lawan"


Penulis: Moh.Jawadi

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Kritis dan Agresif Mahasiswa Mundur Alon-alon
Kritis dan Agresif Mahasiswa Mundur Alon-alon
https://1.bp.blogspot.com/-RkY8fIN6WZg/XieUlBVDO4I/AAAAAAAABzI/QHBzAs6gA6Ixbdr0G_G6Y8BuhFU_u2MwgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200120-WA0041.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RkY8fIN6WZg/XieUlBVDO4I/AAAAAAAABzI/QHBzAs6gA6Ixbdr0G_G6Y8BuhFU_u2MwgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200120-WA0041.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2020/01/kritis-dan-agresif-mahasiswa-mundur.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2020/01/kritis-dan-agresif-mahasiswa-mundur.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy