Mengungkap Fakta Tenggelamnya Mutiara Mahasiswa di Lautan STITAL

LPM Mental - Kampus STIT Al Ibrohmy Galis, Bangkalan, yang bediri sejak tahun 2007/2008 dengan SK Dirjen Pendidikan Agama Islam Depag RI....

LPM Mental - Kampus STIT Al Ibrohmy Galis, Bangkalan, yang bediri sejak tahun 2007/2008 dengan SK Dirjen Pendidikan Agama Islam Depag RI. No DJ. I/495/2007. Dimana kampus yang bisa dikatakan berusia sangat muda ini mempunyai kompetensi dan sumberdaya manusia yang berdedikasi tinggi, kreatif, inovatif, dan berwawasan global.

Kampus STITAL yang mempunyai tiga Program Studi, diataranya meliputi PAI, PGMI dan PIAUD. Tiga Prodi ini sangat menunjang untuk  dan mencetak Mahasiswa-mahasiswa STIT Al Ibrohimy Bangkalan menuju “Global Vision With Local Action”, seperti yang di ungkapkan ketua STITAL Drs. KH. Walid Sja'roni. M.Si di media WEB resmi STITAL. https://stital.ac.id.

Salah satu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang bernama Sakinatul Mardiyah dan Lu'lu'ul Jannah dengan Dosen Pembimbing Syaiputra M.W Diningrat. Kedua Mahasiswi tersebut yang saat ini menduduki semester akhir, pernah mencatatkan namanya di kancah Nasional melalui sebuah karya Ilmiah pada tahun 2019, karya Ilmiah penelitiannya yang berbentuk jurnal, masuk dalam kategori tingkat Nasional, yang di muat dalam Jurnal Pendidikan Usia Dini (JPUD) yang tercantum di alamat http;//jurnal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud, volume 13 edisi 2 November 2019 yang sudah teracreditasi Nasional SINTA Dua.

Padahal, jika di tinjau kualitas karya Ilmiah yang berbentuk jurnal, satu jurnal bisa setara dengan 4-5 karya buku. Apalagi, jurnal yang dirilis Mahasiswa STITAL PIAUD tersebut tembus dalam tingkat Nasional, karya jurnal yang dibuat menggunakan bahasa Indonesia kemudian di terjemahkan kedalam bahasa Inggris yang berjudul Modified Bottle Cap Vor Improving Children's Arithmethic Ability. Tujuan di terjemahkan kedalam bahasa Inggris tersebut, supaya tidak hanya di baca kalangan orang Indonesia saja melainkan bisa di baca dan dimengerti, dipahami, serta bisa di jadikan referensi bagi orang-orang di luar Indonesia. Sebuah karya Ilmiah yang sangat bagus, tapi sayangnya sedikit yang mengetahui hal tersebut, bahkan hampir dilupakan oleh sejarah dan tenggelam dalam luasnya lautan STITAL, lantaran tidak diketahui dan di publikasikan oleh awak media pada tahun 2019 silam.

Sengaja penulis mengungkap dan menguak karya ilmiah tahun 2019 tersebut yang hampir terabaikan dan dilupakan, karena penulis menilai, hal tersebut sangat layak untuk diangkat di media dan menunjukan bahwa Mahasiswa STITAL adalah orang-orang berpotensi dan berkualitas, dengan begitu kampus STITAL yang swasta tapi terasa negeri.

Berdasarkan data yang kami himpun, Menurut salah satu penjelasan Bapak Muksin, S.Sos.I, M.Pd.I mengatakan, ada sejumlah tingkat level jurnal Nasional yang bagus diantaranya, Science and Technology Index (SINTA) satu hingga (SINTA) lima, menurutnya, jurnal yang dimiliki STITAL sendiri masuk dalam kategori SINTA lima, sedangkan karya jurnal yang dibuat oleh mahasiswa yang berkolaborasi dengan Dosen Pembimbing Syaiputra M.W Diningrat itu, masuk dalam kategori SINTA dua.

"Termasuk STITAL ini masuk dalam SINTA lima, penelitian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa itu masuk kategori SINTA dua," penjelasannya kepada media LPM saat di jumpai di depan kantor BEM. Sabtu (11/01/2020).

Awal mula menulis Jurnal tersebut merupakan tugas kelompok, karena di nilai bagus, dosenpun akhirnya berkolaborasi dan mendorong mahasiswanya untuk di jadikan Jurnal. Pasalnya, jurnal karya Mahasiswa itu untuk melengkapi salah satu syarat akreditasi dari PIAUD itu sendiri. Penulis jurnal sendiri mengungkapkan, karya Ilmiah yang di buat hanya di dedikasikan sebagai sumbangsih persyaratan akreditasi PIAUD.

"Karya itu sebagai sumbangsih dari saya dan Sakinatul Mardiyah juga Pak Yuda semoga bermanfaat bagi yang lain," ungkap penulis Jurnal Lu'lu'ul Jannah saat di konfirmasi melalui media WhatsApp.

Dosen pembimbing Bapak Syaiputra M.W Diningrat mengatakan, dirinya menginginkan Kampus STITAL ada di level nasional baik itu berupa prestasi, karya, atau sejenisnya,

Ia juga menambahkan, dirinya merasa tergugah oleh pernyataan salah satu asesor ban PT dan di sini, ia ingin membuktikan bahwa kampus STITAL bukan hanya berprestasi di tingkat Madura, tapi lebih dari itu kami telah membuktikan pada asesor tersebut bahwa karya stital ada di jurnal terakreditasi Sinta 2. Ungkap pak Yuda sapaan akrabnya.

Kampus STIT Al Ibrohimy Bangkalan, memiliki segudang mutiara dan bakat Mahasiswa yang terpendam, namun sayangnya, tenggelam di lautan STITAL itu sendiri, hal itu disebabkan, awak media tidak menyoroti mutiara yang terkandung di dalamya dan tidak mengangkat ke media pers mahasiswa.

"Tak terpublish  STITAL banyak menyimpan mutiara," ungkap Subaidi Ali Abdillah.

Menurut pengakuan Mahasiswi semester akhir program Studi PIAUD mengungkapkan, sangat di sayangkan jika hal besar tidak sampai di publikasikan, menurutnya, hal tersebut mengangkat kredibilitas PIAUD dan STITAL itu sendiri.

"Sangat di sayangkan hal itu tidak sampai di angkat di media, padahal ini merupakan kabar gembira bagi seluruh mahasiswa khususnya STITAL sendiri," tandas Mahasiswi PIAUD Iftin Fatinah saat di konfirmasi melalui via telfon. Minggu (12/01/2020).

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data, penulis berkesempatan mewawancarai mantan pimpinan redaksi pada tahun 2018/2019 yaitu Munawir. Ia mengatakan, media pers STITAL tidak mencari dan menggali informasi untuk dijadikan bahan untuk di muat di media, sehingga terkesan diam dan menunggu, ia juga menambahkan, tidak adanya jalinan konfirmasi dan informasi, baik dari pers itu sendiri maupun dari Mahasiswanya.

"Media STITAL tidak mencari tau dan tidak adanya konfirmasi dari pihak manapun," ujar mantan pimred tahun 2018/2019.

Ia juga menambahkan, anggota pers STITAL masih sangat minim untuk mencari tau dan menggali informasi yang tidak mengenai hubungan dengan dirinya sendiri, imbuhnya.

Sebagai akhir dari coretan sederhana ini penulis menyimpulkan, kurangnya kesadaran dari lembaga pers mahasiswa dan komunikasi yang intens dari pers maupun Mahasiswanya. Sehingga mutiara yang seharusnya layak untuk di perbincangkan dan di angkat khalayak umum malah tenggelam dan terabaikan.

Namun sangat di sayangkan juga jika hasil karya Ilmiah yang melejit ke tingkat Nasional tidak mendapatkan apresiasi dari pihak kampus, tidak bisa terekspos karena kampus tidak pernah mengapresiasi dan LPM tidak tau.

Akhir kata dari penulis "pers menolak lupa, jangan menunggu tapi bergeraklah !!! ".

Penulis : Mjawadi

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,168,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Mengungkap Fakta Tenggelamnya Mutiara Mahasiswa di Lautan STITAL
Mengungkap Fakta Tenggelamnya Mutiara Mahasiswa di Lautan STITAL
https://1.bp.blogspot.com/-_hNFbWzTlkY/XhriLcYbmxI/AAAAAAAABvs/I_0AKk3-YD0Rdpb09d8OummwhI4uJR5BwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200112-WA0010.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_hNFbWzTlkY/XhriLcYbmxI/AAAAAAAABvs/I_0AKk3-YD0Rdpb09d8OummwhI4uJR5BwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200112-WA0010.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2020/01/mengungkap-fakta-tenggelamnya-mutiara_12.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2020/01/mengungkap-fakta-tenggelamnya-mutiara_12.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy