HIDUP BIGINI-BEGINI SAJA; COBA IKIGAI

Gambar: Pinterest LPM MENTAL-  Pagi berangkat kerja, kuliah, sore pulang makan shalat dan istirahat. Besoknya kerja lagi, kuliah, sor...

Gambar: Pinterest

LPM MENTAL- Pagi berangkat kerja, kuliah, sore pulang makan shalat dan istirahat. Besoknya kerja lagi, kuliah, sorenya pulang dan tidur lagi, begitu setiap hari. Banyak dari kita merasa bosan, bahkan ketika mampu melampiaskannya dengan liburan di akhir pekan atau akhir tahun, tetap saja ada pertanyaan besar dalam diri kita kenapa hidup kita begitu-begitu saja, dan banyak pula yang merasa bahwa kita belum menemukan makna hakiki hidup kita ini apa.

Itu biasa terjadi pada kita yang berusia sekitar di bawah 30 tahunan, ilmuan menyebutnya dengan istilah quarter lfe crisis, atau perasaan yang mengganggu, mempertanyakan arti kehidupan yang sebenarnya bagi orang-orang yang mulai memasuki usia dewasa. Sesuatu yang membuat kita termotivasi dalam menyambut hari-hari kita tentu diimpikan oleh semua orang. Kita yang sudah memiliki pandangan hidup yang jelas akan lebih mudah menentukan apa hal terbaik yang akan kita lakukan sehingga hidup kita berlangsung penuh makna.

Banyak macam manusia beraktiftas mengisi waktu dalam kehidupan ini. Yang pertama, kita mengerjakan apa yang kita suka atau sibuk dengan hobi kita (misi); kedua, kita mengerjakan apa yang kita bisa serta mahir dalam melakukan hal tersebut (vokasi); ketiga, kita melakukan hal yang dibutuhkan oleh banyak orang dalam membantu mereka (profesi); dan yang keempat,  kita mendapatkan bayaran atau balasan yang cukup dari apa yang kita lakukan (biasa disebut passion/gairah/semangat).

Di Jepang, ada sebuah konsep “cara menjalani kehidupan penuh makna” yang disebut Ikigay. Konsep ini telah diteliti oleh banyak ahli di dunia dan terbukti sangat bermanfaat untuk kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ikigay memiliki metode praktis yang bisa di lakukan oleh siapapun, terutama bagi orang yang sedang mengalami quarter life crisis, seperti apa yang diungkapkan Mitsuhashi (2017),  “Ikigai membuat seseorang memiliki etos kerja yang baik karena mereka meyakini bahwa pekerjaan yang mereka lakukan memiliki dampak bagi orang lain.”

Misalnya kamu suka melukis, bisa mebuat karya yang bernilai seni tinggi dengan keahlian itu, tapi kamu tidak dibayar sebagai balasan/keuntungan yang cukup serta tidak begitu berarti untuk orang lain atas keahlian kamu tersebut, ini artinya kamu belum bisa bahagia dengan keahlian di bidang seni rupa itu. Kita tidak bisa makan dengan hanya menghabiskan kanvas, cat dan kuas setiap hari. Karena kita hanya melakukan itu semua hanya untuk diri sendiri. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mencapai empat aspek di atas sehingga bisa dikatakan bahwa hidup kita menjadi lebih bernilai.

Yang penting bagi penganut konsep Ikigai adalah mengawali semuanya dengan pertanyaan, "apa yang paling penting untuk kita?, apa hal yang membuat hidup kita lebih bernilai?, bagaimana cara mendapatkannya?, lingkungan seperti apa yang paling cocok dengan kita?.” Adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan memberikan peta lebih jelas tentang kehidupan kita seharusnya.

Dengan penjelasan yang lebih rinci, lakukan hal-hal berikut:
1. Kenali diri sendiri dan membuat rencana. Kita harus punya tujuan yang sangat berarti dalam hidup kita. Teruslah tanyakan dalam diri sendiri, apa yang berarti dalam hidup kita. Identifikasi pola dan tujuan hidup.
2. Mulai melakukan rencana atau alternatif dari rencana kita.
3. Berbicara dengan orang dengan minat yang sama, kenali pengalamannya, perluas pengetahuan bagaimana mereka lakukan dan menghindari masalah yang dia temukan.
4. Sadari bahwa rintangan adalah sesuatu yang sangat wajar.

Saat ingin mencapai Ikigai, pasti ada sesuatu yang menghalangi itu semua. Tapi itu wajar, akan ada resiko di setiap keputusan yang kita ambil.

Kita selalu punya kekuatan untuk menentukan masa depan kita sendiri, teruslah berproses. Ikigay kita belum tentu ditemukan dengan cara yang singkat, dalam proses itu bisa saja kita berubah, bahkan tentang sesuatu yang kita suka dan sering kita lakukan dulu ternyata belum begitu penting untuk masa depan kita sendiri. Belajarlah dari apapun untuk membuat hidup kita lebih bermakna. Referensi: satu persen. (M.S)

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,159,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: HIDUP BIGINI-BEGINI SAJA; COBA IKIGAI
HIDUP BIGINI-BEGINI SAJA; COBA IKIGAI
https://1.bp.blogspot.com/-t1ZoKJTkF_0/XkFhIIrTJxI/AAAAAAAAB3I/QAsc5O49y6gA6tpwRNZMnE1ldkR9-ITlACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200210-WA0046.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t1ZoKJTkF_0/XkFhIIrTJxI/AAAAAAAAB3I/QAsc5O49y6gA6tpwRNZMnE1ldkR9-ITlACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200210-WA0046.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2020/02/hidup-bigini-begini-saja-coba-ikigai.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2020/02/hidup-bigini-begini-saja-coba-ikigai.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy