Budaya Mahasiswa?

Sumber: Google Seseorang yang belajar dan duduk di bangku perguruan tinggi disebut sebagai mahasiswa. Klaim sebagai kaum intelektual s...

Sumber: Google

Seseorang yang belajar dan duduk di bangku perguruan tinggi disebut sebagai mahasiswa. Klaim sebagai kaum intelektual selalu disandingkan pada sosok mahasiswa. Sebagaimana disebutkan Daoed Joesoef mahasiswa berada di level kaum intelektual konsumen. Dimana porsinya adalah senantiasa belajar dan ingin tau. Itulah sebabnya mahasiswa nalarnya cenderung kritis dan menjadi sosok yang idealis.

Mahasiswa juga diklaim sebagai Agen perubahan,  nilai, moral dan sebagai kontrol sosial serta generasi harapan.

Di Indonesia, mahasiswa tidak bisa dilepaskan dari perjalanan sejarah bangsa ini. Karena perannya cukup aktif. Katakanlah, pada saat transisi Orde Lama ke Orde Baru, salah satu perannya yang dikenal dengan gerakan Tritura oleh kelompok mahasiswa yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia). Kemudian, dilanjutkan pada masa kudeta rezim Orde Baru yang dikenal dengan Gerakan Reformasi.

Nah, dalam hal ini, tidak lepas dari budaya-budaya yang sangat melekat pada diri mahasiswa.  Budaya membaca dan diskusi. Subut saja Soe Hoek Gie, Zamroni (jari tangannya terputus saat menjadi komando gerakan Tritura) yang merepresentasikan budaya mahasiswa pada era 66, Budiman Sudjatmiko dan Adian Napitupulu juga ribuan mahasiswa lainnya yang juga beberapa harus kehilangan nyawanya, yang merepresentasikan budaya mahasiswa pada era "98. Semua memunculkan gerakan mahasiswa yang sangat luar biasa.

Tapi, apakah semua itu yang ideal untuk mahasiswa hari ini? Kalau dikatakan hari ini, mahasiswa disebut sebagai agen dan generasi harapan, mungkin iya. Bahwa kemudian Mahasiswa tetap lekat dengan sebutan kaum intelektual itu pasti. Tapi, bahwa kemudian hari ini para mahasiswa benar-benar demikian, maka penulis rasa tunggu dulu.

Ketika kita melihat dinamika sosial dan zaman yang semakin modern ini, semakin hari semakin jelas IPM indeks pembangunan manusia Indonesia selalu berada di bawah rata-rata bangsa lain. Maka generasi harapan seperti apa mahasiswa hari ini?

Jika seyogyanya mahasiswa sebagai kaum intelektual konsumen kata Daoed Joesoef tadi, tapi daya minat baca bangsa ini menurut beberapa sumber penelitian dunia sangatlah rendah.

Jika dahulu, warung kopi dapat melahirkan gagasan-gagasan menarik, sebagai contoh kecilnya melahirkan Warkop DKI. Kemudian hari ini warung-warung kopi sesak dengan charger dan handphone. Hari-hari menjadi sangat membosankan ketika tidak menggenggam smartphone dari pada menggenggam buku-buku.

Maka, generasi harapan bangsa untuk 100 tahun Indonesia Merdeka, Indonesia emas, perlu direnungkan ulang. Salam Mahasiswa.

Abdullah Sahuri
Founder Komunitas Pendekar Literasi.
Mahasiswa aktif STITAL.

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,168,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: Budaya Mahasiswa?
Budaya Mahasiswa?
https://1.bp.blogspot.com/-MDXZ8Dl6V4k/XrSA0JD7QmI/AAAAAAAACFk/UOkA6JJYIyI98Nvov_wv1z63tsEkLi5wwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200507-WA0024.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MDXZ8Dl6V4k/XrSA0JD7QmI/AAAAAAAACFk/UOkA6JJYIyI98Nvov_wv1z63tsEkLi5wwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200507-WA0024.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2020/05/budaya-mahasiswa_7.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2020/05/budaya-mahasiswa_7.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy