PENDIRI STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN

Hanya segelintir mungkin mahasiswa yang tau pada sosok beliau, apalagi yang bertemu langsung dulu semasa hayatnya. Di lingkungan kelu...



Hanya segelintir mungkin mahasiswa yang tau pada sosok beliau, apalagi yang bertemu langsung dulu semasa hayatnya. Di lingkungan keluarga besar Al Ibrohimy beliau akrab disapa Pak Rosidi, masyarakat memanggilnya Kyai Rosidi. Namun di kancah propinsi dan kabupaten para pejabat publik mengenal sebagai pak Fani atau Kyai Fani. Semua tak salah, memang nama lengkap beliau Fani Rosidi Aziz. Menjadi satu-satunya tokoh masyarakat dari keluarga Al Ibrohimy yang memiliki 2 nama beken sekaligus.

Saya termasuk yang beruntung, pernah menimba langsung ilmu dari beliau. Di Madrasah Aliyah pelajaran Kewarganegaraan yang diampunya, pengetahuan dan patriotisme beliau memang diacungi jempol, sehingga persoalan tata negara dan kewarganegaraan menjadi asik dan energik bila kelas dipimpinnya. Tak pernah ada tugas yang sulit, tapi tak pernah ada kelas yang membosankan jika beliau disana, motivasinya luar biasa.

Saya mencatat ada 3 hal yang sangat substantif dan perlu kita pelajari bersama dari beliau.

1) Tidak pernah takut bermimpi.
STIT Al-Ibrohimy Bangkalan ini berdiri di atas rasa pesimis dari masyarakat, bahkan beberapa orang terdekat beliau, cibiran pun tak jarang ia terima, bahwa di Kecamatan Galis, desa yang katanya serba tak maksimal ini, perguruan tinggi adalah hal yang hampir tak mungkin. Namun, bermodal keyakinan dan ikhtiar yang tak pernah putus, akhirnya ribuan sarjana pendidikan, menyumbang guru terbesar di kecamatan Galis dan dan sekitarnya, justru lahir dari kampus STIT Al-Ibrohimy.

2) Utamakan untuk menjadi orang yang berguna.
Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, tentu sangat banyak relasi beliau dari tingkat Nasional hingga lapisan masyarakat di kampung-kampung pedesaan. Teman dan Lawan politik bagi beliau hanya pelengkap ujian kehidupan, menjadi manusia harus berguna bagi sesama. Prinsip ini jelas terlihat dari gigihnya beliau dalam usaha mendirikan pondok pesantren yang kemudian berkembang menjadi Yayasan Pendidikan Islam Al Ibrohimy Galis bersama Alm. KH. Bahri Asik Al Baijuri. Tak terhitung harta, tenaga dan pemikiran beliau untuk membesarkan Yayasan ini.

3) Jangan lupa tertawa.
Umpama seorang artis, beliau mungkin yang paling sedikit haters nya, sebagai guru juga menjadi yang paling ditunggu kehadirannya. Bukan hanya motivasinya, tapi kalimat sederhana dan segar dengan tingkat humor yang luar biasa selalu membuat perbincangan santuy (santai), bahkan rapat pun menjadi hidup dan penuh semangat. Jika sekarang Mahasiswa mengenal bapak Waka III Mujiburrohman sebagai dosen paling humoris, bapak Fani Rosidi jauh di atasnya. Menurut beliau, dalam hidup yang sudah serius dari lahir ini, tertawa menjadi pilihan untuk menenangkan otot yang tegang.

Tiga prinsip di atas saya pahami sebagai yang paling inti, dari pengalaman (meski tak terlalu lama) dengan beliau, kiranya saya tambahkan lagi. Beliau sangat teliti, sabar dalam mendidik (kaderisasi). Saya masih ingat, saat menjadi Ketua OSIS, sering dipanggil ke kediaman beliau, misalnya kami mengadakan Penggalangan Dana Bencana Nasional (2006). Beliau menjelaskan langsung prosesnya, atribut apa saja yang kita butuhkan, bahkan hanya masalah surat ijin ke Polsek pun, untuk keamanan dan keterangan kegiatan, beliau sendiri mendiktekan saya waktu itu. Hal yang sangat jarang saya temui dari tokoh masyarakat, bahkan seorang Dewan Perwakilan Rakyat yang sedetail itu dalam membina kami.

Tujuh tahun berlalu, tepatnya tanggal 31 Agustus 2013 beliau meninggalkan kita, meninggalkan STIT Al-Ibrohimy untuk masa depan Bangkalan dan Indonesia. Semoga kita bisa meneladani beliau.

Murid beliau yang beruntung

COMMENTS

Nama

Artikel,8,Kolom,2,News,168,Opini,30,Resensi,1,Sastra,9,
ltr
item
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL: PENDIRI STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN
PENDIRI STIT AL-IBROHIMY BANGKALAN
https://1.bp.blogspot.com/-GjjsOrNPdhQ/Xshlc4kxb1I/AAAAAAAACHQ/LMpe4A9Kg5En-MH7sToqelODdAnQLEpdwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200522-WA0011.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GjjsOrNPdhQ/Xshlc4kxb1I/AAAAAAAACHQ/LMpe4A9Kg5En-MH7sToqelODdAnQLEpdwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200522-WA0011.jpg
Lembaga Pers Mahasiswa STITAL
http://www.lpm-mental.com/2020/05/pendiri-stit-al-ibrohimy-bangkalan.html
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/
http://www.lpm-mental.com/2020/05/pendiri-stit-al-ibrohimy-bangkalan.html
true
7163121057848605904
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy